Piknik Tipis Banget ke Grand Maerakaca PRPP Semarang


Hi gaes, apakah kalian tahu, kalau Semarang juga punya TMII? Tapi yo ojo bayangin segede TMII-nya Jakarta juga sih.

Kalau Taman Mini Indonesia Indah bikin kita gempor karena saking luasnya, maka di Grand Maerakaca Semarang pengunjung bisa menjelajahinya dalam waktu beberapa jam aja.

Grand Maerakaca atau Grand Maerokoco kalau orang Jawa menyebutnya, terletak di Semarang bagian barat. Dari bandara baru Semarang yang diresmikan Bapak Jokowi malah cuma 5 menit.

Kalau dari rumahku sebenarnya tempat wisata ini dekat banget juga, ga sampai seperlemparan 3 kolor lah πŸ˜‚. Tapi meskipun uda setahunan ini Grand Maerokoco ngehits lagi, my hubbie baru mau diajak kesana di penghujung tahun 2018, alesannya biar ga umpel-umpelan dan ga susah cari parkir. Baeklah bang, neng sebagai istri mah cuma bisa nurut 😁.


Awalnya Maerakaca memang dibangun hanya untuk menampilkan tiruan rumah adat dan landmark yang ada di Jawa Tengah. Misalnya di Anjungan Kudus, pengunjung bisa melihat replika Masjid Menara Kudus yang tersohor dan rumah adat Kudus yang sebagian besar terbuat dari kayu jati.

Di bagian lain, kita bisa pula melihat perbedaan rumah adat Jepara dengan rumah adat Demak atau Sragen. Dan baru saya tahu kalau ada banyak perbedaan signifikan di antara rumah adat ini meski masih dalam satu provinsi yang sama.

Kalau dulu datang ke Maerakaca, jujur saya bilang, rumah-rumah adat ini nampak horor karena sempat tidak terawat dan sepi pengunjung. Bahkan untuk mendekatinya aja males, takut tiba-tiba ada yang cilukba πŸ‘».

Tapi sekarang, setelah ramai pengunjung, rasa yang dulu pernah ada sinup (mistisitu jadi hilang. Malahan kemarin saya melihat beberapa anjungan disewa untuk acara seperti reuni keluarga dan komunitas. Mungkin ini cara pengelola mencari pemasukan selain dari tiket masuk Grand Maerakaca yang dipatok 10ribu rupiah per orangnya.

Hutan dan Trekking Mangrove



Setelah melewati rumah-rumah adat, di bagian belakang Maerakaca ada spot yang sekarang jadi favorit para pengunjung untuk sekadar duduk-duduk dan tentunya juga berselfie ria😘.


Trekking Mangrove, itulah nama jalan setapak di sebelah hutan bakau. Seperti banyak orang tahu bahwa bakau adalah tanaman yang punya banyak manfaat, salah satunya dikenal sebagai pemecah alami ombak dan bisa meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan saat ada tsunami.

Hutan Mangrove-nya sih katanya bukan hal baru di Maerakaca, tapi trekkingnya lah yang memang baru dibangun sebagai representasi kepulauan Karimunjawa.

Saking instagrammable-nya, berpose macam apapun di area Trekking Mangrove tetap saja bagus. Selain jalur bambunya, yang bikin bekgron makin syahdu adalah perahu sampan dan becak air yang sesekali lewat.

Untuk menyewa perahu sampan, pengunjung dikenakan biaya Rp10.000,00 per orang. Perahu sampan kecil berkapasitas dua orang sementara perahu sampan besar berkapasitas 4-6 orang.

Apabila menggunakan jasa pendayung maka kita dikenakan biaya tambahan Rp10.000,00. Lumayan lah kalau ingin menghemat tenaga. Harga segini sebenarnya cukup murah, karena kalau lihat di instagram banyak foto-foto instagenic dihasilkan dari pose di atas perahu sampan. Mungkin bisa jadi pertimbangan buat yang mau foto prewed atau postwed, hihi.




Spot lain yang tak kalah apiknya, bisa dicoba di tempat yang mirip helipad alias tempat pendaratan heli yang berbentuk bulat. Tapi hindari jam-jam pagi menjelang siang yang bisa membuat kulit kita makin gosong karena area ini cukup terbuka dan langsung terkena sinar matahari Semarang yang sangat terik.




Dan di kafe Grand Maerakaca, ada jembatan yang diisi kursi meja kayu sederhana tapi terasa romantis. Kalau malas naik perahu, menikmatinya saja dari area ini sudah cukup menyenangkan. Apalagi es tehnya masih dibanderol harga wajar, yaitu segelasnya 5000 rupiah.

Itulah pengalaman saya piknik tipis banget ke Grand Maerakaca Semarang yang cukup menyenangkan.

Semoga bermanfaat!

56 Komentar untuk "Piknik Tipis Banget ke Grand Maerakaca PRPP Semarang"

  1. wahhh pasti seru banget yaa, piknik ke grand maerakaca ini. Mana wahananya murah-murah pula :)

    BalasHapus
  2. Wooow, sudah berapa tahun ya enggak lihat Maera Kaca? waktu masih di Jawa tenga mainnya ke sini, hehe, sekarang sudah banyak kemajuan ya kayanya.
    Semoga pas mudik bisa main ke sini deh, ajak keluarga, biar seru

    BalasHapus
  3. Huaa pengen kesana ,, seru ya bisa piknik kesini. Aku pernah ke Semarang cuma ga kemana-mana soale kerja hehe.

    BalasHapus
  4. Wah bagus mbak tempatnya harganya juga terjangakau. Aku pernah ke Kudus tapi belum main ke sini.

    BalasHapus
  5. Keren ya, masuknya murmer pula :)
    Kalau mau irit ya jangan main yang harus bayar ya hahaha
    Noted nih, jadi wishlist liburan nanti :)

    BalasHapus
  6. TMII mini nya lebih komplit ada trekking mangrove nya aahh pengen kesini jadinya.. tiket masuk nya juga mursida cuma 10K

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah ke Maerokoco nih, Mbak. Seru nih Aito liburan ke Maerokoco. Tiket masuknya ternyata murah meriah ya. Kapan-kapan pengen ke Maerokoco juga ah.

    BalasHapus
  8. Waaaaa.... Saya pas kecil dulu pernah ke sini Mbak. Tapi belum ada Mangrove Trekkingnya.... Sudah banyak tambahan wahana ya....

    BalasHapus
  9. aku jare urip ning semarang wis pirang2 tahun tapi aku blm sekalipun ke maerakaca loh mbak. saiki wis apik tenan ya. kapan2 ke sana ah ngajak anak2

    BalasHapus
  10. Banyak spot instgramable-nya ya, mba, kok mupeng jalan-jalan di hutan mangrove-nya dan naik perahu gitu, itu yang nggak ada di TMII ya kayaknya

    BalasHapus
  11. Wah spot di hutan mangrove ini baru? Aku tahun kemarin belum ada kayaknya. Hutan mangrovenya udah ada tapi belum dibuka waktu itu kayaknya.

    BalasHapus
  12. Piknik bukan tentang kemana tapi ttg dgn siapa hehe...asyik aja lah kalau bareng org2 tersayang... Btw aku suka banget suasana Mangrove

    BalasHapus
  13. Mau jg deh aku piknik tipis2 kayak gini tempatnya mengasyikan ya Mba..jd pengen juga nih..

    BalasHapus
  14. Wooh kok aku baru tau ada TMII mini di semarang, padahal dari Jogja gak terlalu jauh, banyak spot Instagramable juga yaa.. Bulan depan ke Semarang lagi aah :)

    BalasHapus
  15. Hahaha, langsung ngakak tak terkendali pas baca ini:

    "... seperlemparan 3 kolor"

    Kolor sappa dullu nih? Hahaha...

    Tambah lagi nih bucket list kalau ke Semarang.

    BalasHapus
  16. Asyik juga ya piknik tipis, hehe...tp menyenangkan. Serba sederhana tp memuaskan hati gak terlalu umpel2an, santai berselfi or berwelfie-ria
    3x ke Semarang krn ada acara keluarga, tp yg 2 x dempetin kopdar sama Mimin kita yg dari Semarang. Mau ah, kl ke Smrng nyempetin ke TMII yng mini ini.

    BalasHapus
  17. Waahh, itu wahananya murah murah sekalii. Anw cafenya ngga dikasih atap diatasnya, kalau matahari terik, panas sekali dong?

    BalasHapus
  18. Wahhh,seru banget Mbk. Lumayan komplit ya Mbk untuk sekedar jalan jalan dan menikmati hari libur disini. pingin banget ke feeling mangrovenya.

    BalasHapus
  19. Mungkin dulu karena gak terawat makanya terkesan horror, ya. Syukurlah kalau sekarang dirawat. Kan jadinya banyak wisatawan yang mau datang :)

    BalasHapus
  20. mangrove itu klo diurus bisa jadi lokasi piknik yang instagramable,tapi klo ga terkesan serem ya

    BalasHapus
  21. Klau taman mini jakarta gak Ada sungai nya mba justru lebih enak ini kyknya, gk luas tapi ada pemandangan lain bukan cuma rumah2 aja

    BalasHapus
  22. Grand maerakaca memang objek wisata hutan bakau yang indah sekaligus pelestarian lingkungan.

    Nikmatnya bisa melihat pemandangan hutan bakau sambil berfoto foto buat instagram

    BalasHapus
  23. ufh..ufh...asyik banget. mesti dicari nih tempat wisata kaya gini. bagus banget. aku jadi langsung mau loncat kesana lihat foto2 ya bagus.

    apa tadi namanya? Grand maerakaca. kok aku ingetnya malah meikarta ya.

    BalasHapus
  24. Fix mupeng. Kombinasi foto foto instagramable dan tiket masuk, permainan serta harga minuman yang murce durince ini ditampol dengan pemandangan kece beud sukses menggoyahkan iman untuk segera siapin Travelling ke Grand Maerakaca. Ibu dan bapak aku paling suka nih wisata model anjungan landmark seperti ini.

    BalasHapus
  25. hahahaha aku asli ketawa baca judul artikel ini. Kenapa dibilang tipis banget. pake kata banget loh. padahal ini banyak kegiatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipis banget karena dekat dari rumah mba, hehe

      Hapus
  26. banyak juga ya tempat yang bisa dikunjungi di semarang kalo kita mau piknik di grand maerakaca. ini dari bahasa apa sih dan apa artinya ya?

    BalasHapus
  27. Sudah lama ga sih mbak Maerakaca ini..kayaknya saya belum pernah tau klo pas ke Semarang. Penasaran iih ada hutan bakaunya juga.

    BalasHapus
  28. Wah aku baru tau kalau di Semarang ada ini Mbak. Tahu gitu ke sana ya pas eksplore Semarang. Anyway hutan mangrovenya subur kah Mbak?

    BalasHapus
  29. Aku terakhir ke Maerokoco tahun 2006, jaman lulusan si Naufal waktu perpisahan sekolah. Sempat makan di warung nge-hits bu Ana, sebelahan sama Maerokoco. Tapi nggak masuk kesana untuk foto-foto. Alasanku sama teman-teman karena malas panasnya, hahhaaa

    BalasHapus
  30. Seru banget keknya mbak liburannya. apalagi dengan harga murah pula. ditunggu cerita selanjutnya mbak

    BalasHapus
  31. Aku baru denger di Semarang ada TMII lain *ya iyalah, ke Semarang aja belum pernah, hehe. Btw sekarang ini hampir semua temoat wisata diperbaiki ya, biar lebih banyak wisatawan yg datang :)

    BalasHapus
  32. Aku suka bgt grand maerakaca. Baru ngeh kalo sejateng aja rmh adatnya macem2 ��

    BalasHapus
  33. Piknik setipis apapun tetep aja menyenangkan buat emak2 ya mba haha btw mangrovenya cantiikk di Surabaya juga ada nih :D

    BalasHapus
  34. Kolornya siapa, maak....yang dilempar?
    Eaa....aku langsung terdistraksi karena dibuka dengan kalimat ini.

    Wkkwkw...
    ples ciluk baa...

    Jadi ingat Danur yaa...

    Namanya rada susah yaa...bagi bule kaya aku.
    Eaaa...bule.
    Bule Suroboyo.

    Maera-ka-cya??

    Hehehe...

    BalasHapus
  35. Sekarang makin apik ya Mba Unt, aku gemes pengen juga main ke sini lagi, mas Hadi belum pernah aku ajak ke sini Mba Unt, ehehehe besok ada meet up di sini pula diskusi ama menpar tapi ak bingung meh ngangkatin apa ga

    BalasHapus
  36. Tempat pikniknya oke bangeet kok mba.. dan memang trekking mangrovenya kereeen aja ya.. suka liat pathnya dan juga background airnya.

    BalasHapus
  37. Wah, aku baru dengar mba *gak update banget. 2 tahun lalu pas ke semarang, aku gak tau tempat ini. Mudah2an tahun ini bisa mudik ke ambarawa, jadi bisa sekalian mengunjungi tempat ini. Asyik kayaknya buat anak2 (dan emaknya) πŸ˜‚

    BalasHapus
  38. Ya ampun enaknya rumah deket tempat wisata ya..Tiap hari piknik dong. Apalagi danaunya seru banget tuh

    BalasHapus
  39. Wuih, bagus banget tempatnya. Iya, Instagramable pisan. Setiap sudut bagus untuk dipake buat difoto. Dan murah pula ya harga tiketnya. Huhu, jadi kepengen ke Semarang lagi nih. Kepengen main ke sini. Seruuuu kayaknya.

    BalasHapus
  40. Pernah denger tempat ini dari temen
    Apa iya bener mb ini yg katany tmii-ny jawa tengah?
    Wahh... keren dong y enggak usah ke Jakarta orang2 di sana
    Apalagi tiketny termasuk murah bisa bawa keluarga besar
    Aku pribadi tertarik sama mangrove-ny :)

    BalasHapus
  41. Uwo, aku baru tahu Grand Maerakaca Semarang ini. Boleh banget nih kalau ke Semarang main2 ke sana. Piknik dekat tapi tetap asik

    BalasHapus
  42. Wah jd ini TMIII versi mininya ya? hehe iya kalau ke TMII aku kesel krn harus seharian menjelajahinya :D
    Noted banget mungkin kapan2 kalau ke Semarang bisa ke Grand Maerakaca. Anak2 bisa liat 2 rumah adat jg di sana ya.

    BalasHapus
  43. Taman Maerokoco tu jadi tujuan wisata andalan jaman aku SD dulu. Kapan-kapan kalau ke Semarang mau mampir sini ah.. pengen coba mendayung, hihi..

    BalasHapus
  44. Aku juga gitu males kalau masih sepi padahal justru enak mba lebih banyak yang kita eksplor cuman tantangannya minim apalagi aku juga penakut takut ya mba kalau tiba2 ada yang cilukba wkwkwk ngakak part ini

    btw naik sampannya murah ya cuman 10K nextlah kesini yuk meet up yuk

    BalasHapus
  45. Asli aku baru tahu lho mba kalau semarang juga punya TMII, dari foto fotomu TMII semarang nggak kalah keren ya dengan yg di jakarta

    BalasHapus
  46. Semarang tempat yang indah ya banyak perjalanan piknik dengan biaya yang murah jadi penasaran ingin mengajak anak-anak ke sini

    BalasHapus
  47. Jalur trekkingnya itu pake bahan baku kayu yang disumbang dari para pengusaha kayu di Jawa Tengah mba. Dulu di tempatku kerja juga nyumbang lantai kayu itu. Bagus banget ya jadinya ;) Aku malah belum pernah lho ke Grand Maerakaca. Kudu siap2 bawa tukang foto nih kalau ke situ. Hasrat berfoto pasti tak terbendung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woalah ternyata sumbangan banyak pihak ya mba. Tapi sekarang pancen bagus

      Hapus
  48. Wah iya, Trecking Mangrove memang bagus untuk foto-foto ya...
    Saya jadi penasaran sama Taman Mininya Kota Semarang hihihi..

    BalasHapus
  49. Wahh enak nih ke Grand Maerakaca kalau bawa anak-anak atau ponakan biar bisa sambil belajar soal daerah di Indonesia

    BalasHapus
  50. ada tracking Mangrove nya? kereen ya Mbak.. secara jarang-jarang kan ya ada wisata seperti ini, bisa dibilang ini masih dalam kota juga kan ya? :)

    BalasHapus
  51. Perahunya gak disediain pelampung kan mbak buat penumpang yang mau?
    Soalnya aku gak bisa berenang, takut aja terjadi hal buruk hehe (-_-")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba. Cuma memang banyam yg males pake pelampung

      Hapus
  52. dapat referensi tempat liburan baru nih di Semarang. Tiket masuknya murah ya mba dan tempatnya juga bagus dan lumayan bersih ya.

    BalasHapus
  53. Apa? Sepelemparan 3 kolor? Ada-ada aja mbaknya ��. Tiket masuknya murah juga ya 10 ribu. Mana kece lagi lokasinya instagramable banget

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel