7 Langkah Mudah Pesan Tiket Kereta Api Online Untuk Liburan Keluarga


Betapa mudahnya memesan tiket kereta api online membuat saya pengen naik kereta api lagi!

Terakhir naik kereta api udah lama banget rasanya. Kalau ga salah tahun 2017 dan waktu itu saya takjub bener betapa berubahnya moda transportasi yang satu ini.

Dahulu, rasanya terpaksa untuk naik kereta. Karena di benak saya namanya kereta api tuh ga nyaman, toiletnya bau pesing, banyak pedagang asongan, tukang sapu yang katanya bisa ambil sendal atau sepatu kita jika ga waspada, belum lagi copet yang merajalela.

Soal copet ini saya punya pengalaman tersendiri. Waktu itu saya mau balik dari Jogja ke Cilacap dengan kereta. Berjarak 2 kursi dari tempat saya duduk, ada 2 orang mba-mba yang sedang memegang handphone. Dan ketika kereta sudah mau berjalan, tiba-tiba dia menjerit. Ternyata handphone-nya disamber maling. Ya sudah karena kereta melaju makin kencang, akhirnya si mba pun hanya bisa melongo dan pasrah. Kejadian ini saya ingat betul padahal sudah 15 tahun berlalu.


Makanya, ketika di 2017 lalu, saat saya, Ibu dan si kecil Aito harus naik kereta dari Purwokerto ke Semarang ya jujur agak ngeri. Tapi alhamdulillah, ternyata semuanya sudah berubah jauh lebih baik.

Sekarang, tidak semua orang boleh masuk ke dalam peron, selain kru yang bertugas, hanya benar-benar yang memiliki kartu identitas, tiket kereta dan yang sudah diperiksa petugas lah yang bisa masuk. Sedangkan para pengantar hanya boleh dadah-dadah di luar peron.

Selain soal keamanan, kursi penumpang juga nyaman, bersih dan gerbong sudah dilengkapi dengan AC. Dan yang saya apresiasi, kamar mandi di kereta api bahkan trayek jarak dekat pun sudah ga pesing serta tersedia air yang cukup.

Traveling ke Tegal Laka-Laka dengan Kereta Api

Dengan kenyamanan kereta api seperti itulah, saya jadi kepengen merencanakan bepergian ke Tegal naik kererta bersama keluarga. Kenapa pilih Tegal, karena selain ga begitu jauh buat si kecil, kami pengen berwisata alam, wisata kuliner sekaligus menyambangi saudara yang tinggal di sana.

Yang bikin kangen dari Tegal salah satunya yaitu kuliner sate yang wenak tenan. Seperti sate kambing balibul dan sate ayam margasari yang tidak pernah kami lewatkan jika berkunjung kesana.

sate ayam Margasari

sate balibul khas Tegal

Nah untuk urusan memesan tiket kereta api, jika dulu saya harus datang ke stasiun langsung, maka di zaman ini ga perlu pusing karena bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi PegiPegi.

Cara memesan tiket kereta api online via aplikasi PegiPegi:


1. Unduh aplikasi PegiPegi di playstore bagi pengguna Android atau di AppStore bagi pengguna Iphone.

2. Jangan lupa registrasi dulu ya. Atau kalau mau mudah ya login aja via akun Facebook.

3. Di halaman aplikasi Pegi-Pegi, setelah login, kemudian klik menu Kereta Api.


4. Lalu pilih stasiun asal dan tujuan, jangan lupa setting tanggal sesuai dengan rencana keberangkatan dan pulang dan jumlah orang yang akan naik kereta. Lalu klik CARI TIKET.


5. Berikutnya akan tampil jadwal kereta api sekaligus tarif per tiketnya. Pilih/klik yang sesuai kebutuhan ya. Kalau saya sih yang ekonomi aja deh biar agak ngirit, hihihi.


6. Di halaman berikutnya akan muncul kolom untuk melengkapi data penumpang. Isilah sesuai dengan data para penumpang yang akan naik kereta api. Untuk anak di bawah umur yang belum memiliki KTP, pilih jenis dokumen lainnya dan isi sesuai dengan nama yang tertera di akte kelahiran atau Kartu keluarga. Jika sudah semua, klik LANJUT.


7. Pesanan akan dikonfirmasi oleh aplikasi PegiPegi berdasar dokumen yang diinput, jadi masukkan dengan benar ya. Lalu, di halaman konfirmasi kita bisa memilih tempat duduk, namun tentunya disesuaikan dengan ketersediaan bangku. klik LANJUT untuk tahap selanjutnya.

Yang terakhir, cek lagi data-data yang diketik dan jadwal keberangkatan kereta, jika sudah sesuai semua klik Lanjut untuk menuju halaman pembayaran. Nah di aplikasi PegiPegi ada berbagai pilihan pembayaran yang bisa kita gunakan. Mulai dari transfer bank secara manual di teller, tranfer di ATM, virtual akun & internet banking (hanya BCA), kartu kredit, cicilan dan juga bayar di minimarket.

Kalau saya sih, enakan pakai internet banking, kan jadi ga kudu keluar rumah, hehe.

Setelah pembayaran masuk ke sistem PegiPegi dan terverifikasi maka akan keluar barcode pemesanan tiket kereta api yang bisa dicetak di stasiun nantinya. Supaya lebih mudah screen shoot aja barcode tersebut atau catat nomor pemesanannya.

Nah, mudah banget bukan beli tiket kereta api via aplikasi PegiPegi. Makin ga sabar untuk segera musim liburan dan naik kereta bareng keluarga, pasti bakalan asyik banget dan si kecil riang gembira.

Dan jangan lupa kalau mau naik kereta api, persiapkan waktu sekitar 30-60 menit datang ke stasiun supaya ga ketinggalan kereta 😄.

Selamat pesan tiket kereta api oline di PegiPegi!

3 Responses to "7 Langkah Mudah Pesan Tiket Kereta Api Online Untuk Liburan Keluarga"

  1. Replies
    1. Satene juarak tenan. Dagingnya tebel banget. Ga pernah nemu yang kaya gitu d semarang

      Delete
  2. Terima kasih ya mbak untuk tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.

    Btw itu satenya menggiurkan sekali :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel