Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nongkrong Etnik di Wedangan Pendopo Solo


Di keheningan malam kala itu, Solo sedang hujan rintik-rintik. Penginapan yang kami tempati sebenarnya tak seberapa besar, tapi sudah dilengkapi air conditioner. Hembusan anginnya ditambah suara hujan di luar rasanya menambah kesenduan malam. Dan tiba-tiba, sebuah bunyi aneh terdengar "GRUWEEEK".

Daripada terganggu bunyi aneh itu, aku, suamiku dan anakku pun keluar kamar. Dan tak disadari ternyata roda mobil membawa kami ke sebuah tempat yang tak kalah 'seram'.


Hwahaha, intronya kok kaya cerita horor ya. Tapi emang sih, suara perut kelaparan tuh bagaikan kisah mistis, apalagi kalau 1 jam yang lalu sudah makan besar. Eh kok ga lama kemudian cacing-cacing meronta minta makan lagi. Tuh kan horor banget.

Kelaparan di atas jam 9 malam selama di Solo, kami ga pernah khawatir karena meski kota ini terasa lebih kecil dari Semarang tapi kalau mau berburu, sejatinya ada banyak kuliner legendaris yang patut dicoba. Dan kali ini kami mampir ke Wedangan Pendopo.

Lokasi Wedangan Pendopo



Jika di Semarang dan Jogja, kuliner nasi kucing disebut ANGKRINGAN, maka di Solo lazimnya dinamakan HIK atau WEDANGAN.

Menunya ya kurang lebih sama aja. Ada gorengan, berbagai sate-satean, aneka minuman dan tentu saja snack rakyat. Tapi meski mirip-mirip, menikmati makanan di tempat yang berbeda akan menghasilkan sensasi yang berbeda pula, termasuk di Wedangan Pendopo ini.


Biasanya kan kalau makan nasi di angkringan kita tinggal milih tuh mau makan apa karena udah dibungkusin. Nah kalau di Wedangan Pendopo kita kudu mesen dulu sama simbah yang meracik atau sama mba kasir juga bisa. Agak lupa sih ada apa aja di sana, tapi salah satunya ada sego orak arik tempe dan sego gudeg dengan iwak asin yang terlihat sederhana tapi membuat liur menetes.



Untuk menghangatkan perut, malam itu kami memesan nasi pindang sambel dan wedang tape hangat. Tak lupa cemilannya sate bakso, sate keong, sosis solo, tahu goreng dan yang paling spesial: jadah atau gemblong bakar.

Menikmati jadah hangat yang baru saja 'dientas' dari pembakaran arang rasanya kok nikmat banget ya. Sembari mulut mengunyah, saya juga menikmati dekorasi dan ornamen di Wedangan Pendopo.

Ada aneka topeng dan patung, klonengan sapi, toples, ceret dan berbagai ornamen lawas memenuhi berbagai sudut Wedangan Pendopo. Bentuknya unik-unik dan warnanya dominan gelap. Makanya agak-agak merinding di sini, tapi ga lantas bikin kami ngibrit. Apalagi malam itu suasana cukup ramai dengan pengunjung yang kelihatannya masih muda. Rupanya cuma kami yang datang bersama anak-anak karena memang sudah cukup malam.

Dari kursi yang saya duduki, terlihat beberapa foto pemilik Wedangan Pendopo bersama selebritas dan tokoh terkenal negri ini, dan tentu saja ada foto Pak Jokowi beserta ibu Iriana juga di sana, apalagi keduanya kan memang dari kota Solo.

Dan dari foto-foto itu saya bisa tahu kalau angkringan ini sudah cukup lama berdiri namun tetap mempertahankan nilai kekhasan-nya. Ga heran tetap eksis meski digempur gelombang kuliner impor yang menyerbu negara ini.

Wedangan Pendopo buka dari jam 18.00 hingga tengah malam. Dan menyoal harga, saya kira sangat terjangkau. Cocok lah kalau dijadikan tempat buat ngobrol ngalor-ngidul sama keluarga atau gebetan #eh.

21 comments for "Nongkrong Etnik di Wedangan Pendopo Solo"

  1. Mbak, Hik itu dari solo. Bukan jogja. Kalau jogja dan semarang lebih dikenal dengan angkringan. Kadang di semarang ada yang menyebut dengan kucingan. Menunya hampir sama semua.

    Sekarang angkringan dikemas dengan lebih modern, tapi menu tetap seperti angkringan pada umumnya. Mungkin pengunjunganya biar lebih nyaman ketika makan di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah aku salah kaprah ya. makasih koreksinya

      Delete
  2. Apakah aku harus ke Solo akhir tahun ini? wkwk. Kulineran di Solo keknya asik ya Mbak, mampir ke Wedangan asik keknyaa.

    ReplyDelete
  3. keren juga angkringannya, Sampai seleb dan bahkan Presiden Indonesia sampai. Saya rasa rasanya pasti memang enak

    ReplyDelete
  4. Wahh kayaknya seru juga nih tempatnya mbak. Kami selalu penasaran dengan berbagai kuliner khas tanah Jawa.
    Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke Solo dan menikmati hidangan di Wedangan Pendopo Solo ini.

    ReplyDelete
  5. adudu aku kangen sama yg namanya nasi kucing n wedangan. di bogor jg ada angkringan2. tapi aku pengennya ngeluyur berdua aja malem2 sama suami. sekalian kencan gitu :D

    ReplyDelete
  6. Di Solo sekarang populer banget angkringan ngehits ala cafe begini ya. Jangan-jangan orang sudah jarang yang tahu nikmatnya angkringan tulen di pinggir jalan.

    ReplyDelete
  7. Aku pikir memang mau cerita serem loh mbak krn intronya hahaha. Temulawak botol lawas kayak gitu belom prnh nemu lagi di jakarta, kapan2 aku mampir ah keliatannya makanannya enakeun ya.

    ReplyDelete
  8. Suka banget menu-menu di angkringan. Seru abis juga bareng teman. Tapi ini kok syahdu banget ya, pas hujan-hujan ke angkringan nikmati wedang hangat.

    ReplyDelete
  9. wuih manteb juga ya. bahkan seleb pun pak presiden pernah kesitu. btw aku ngintip2 postingan kamu yang lain juga nih buat referensi tour semarang-jogja hehehe

    ReplyDelete
  10. Makan di angkringan simpel dan banyak pilihan menunya :D

    Regards,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
  11. Aku senang banget nih Mba sama wedangan, kalau di Solo sama Jogja pasti langsung nyari yang kayak gini-gini. Makanannya murah, nikmat, dan badan jadi seger habis minum wedangan. Kayaknya aku pernah ke tempat ini deh waktu di Solo.

    ReplyDelete
  12. Jadah dan sate keongnya spesial ya. Soal harga gimana? Mengingat Wedangan Pendopo ini adalah angkringan "elit".

    ReplyDelete
  13. Aslinya salah satu kota yang paling saya suka itu Solo. Selain adem, kelihatan selow banget harinya, hehehe. Terakhir ke Solo beberapa bulan lalu, ada acara jadi nggak sempet eksplor kulinernya, tapi sempat menjejak Rumah Londo Solo ... kalau ke sana lagi mampir ke sini ah

    ReplyDelete
  14. Enaknya makanan di wedangan begini, porsinya kecil-kecil, dan setengah camilan. Engga kerasa sambil ngobrol, tahu-tahu banyak aja. Hehe...

    ReplyDelete
  15. Saya sampai googling, saking penasaran seperti apa yang jamanya jadah hehehe. Kayaknya kalau saya makan jadah, udah gak usah makan nasi lagi. Bakal kenyang banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di foto ada mba, tapi pojok sendiri sebalah kanan yang warna putih. nikmat kalo habis dibakar

      Delete
  16. Solo selalu asyik ya buat kulineran, makanannya beragam, harganya juga terjangkau, jadi pengen cobain makan di hik beginiii...

    ReplyDelete
  17. Saya pernah nonton soal tempat ini di vlog Hari Jisun. Memang unik. Sate keongnya alot gak? Pernah makan yg alot. Trauma Saya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow hari jisun juga udah mampir sini rupanya. memang itu orang lagi seneng berburu angkringan. keongnya ya standar aja sih tapi ga kaya sendal jepit. hehe

      Delete
  18. wah ngiler banget sama sate-sateannya, mau icip

    ReplyDelete