Mampir Beli Thiwul di Gathot Thiwul Yu Tum Gunung Kidul

Gathot Thiwul adalah salah satu panganan tradisional Indonesia. Bahan bakunya adalah singkong atau ketela pohon. Dulu gathot dan thiwul cukup banyak dijual di pasar dan bakul jajanan tradisional. Tapi sekarang sepertinya sudah jadi makanan langka.

Beruntung waktu untaritravelnotes dolan ke Gunung Kidul, di sepanjang jalan banyak penjual gathot thiwul khas daerah ini. Tapi karena ada banyak penjual dan engga tahu mana yang rekomended, akhirnya kami melipir ke bakul yang saat itu masi ada slot parkiran, dan akhirnya nemu Gathot Thiwul Yu Tum.

Lokasi Gathot Thiwul Yu Tum ada di Jl. Wonosari - Yogya, Gading I, Playen, tepatnya di seberang Lapangan AURI. Penandanya selain tampak jelas billboardnya yang cukup gede, juga ada hiasan kukusan berwana-warni di atas area parkir.


Waktu kami datang, Yu Tum sedang sepi pembeli. Hanya ada 2 orang yang antri. Langsung saja kami pesan seporsi gathot dan thiwul. Tapi sayang, ternyata gathot yang saya idamkan sudah habis. Hiks....


Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya pesanan kami selesai dibuat. Dikemas dalam dus kotak ukuran sedang, saya ga sabar langsung membuka wadahnya begitu kembali duduk di mobil.

Dan waktu dibuka, thiwul fresh from the dandang yang ada di pangkuan langsung mengepulkan asap. Wah, mantap benar.

Saya cermati benar bentuknya yang mirip tumpeng, tapi tanpa puncak. Ini artinya saat dicetak, kukusannya dibalik sehingga membentuk legokan kerucut terbalik.

Setelah diicip, secara rasa agak berbeda dengan thiwul rasa manis gurih di cilacap yang biasa saya makan saat kecil. Yang khas Gunung Kidul ini terasa dominan manis dan lebih lembut, apalagi di sela-sela thiwul yang padat diberi gula jawa. Betul-betul nge-blend pas di mulut tapi ga bikin eneg.

Pertama kalinya menjajal thiwul asli Gunung Kidul dan langsung kepincut, besok kalau lewat Gunung Kidul lagi, saya mau mampir lagi ah beli thiwul dan gathot (yang kemaren kehabisan). Apalagi katanya, thiwul punya kandungan kalori yang lebih rendah daripada nasi. Cocok deh ini buat yang lagi diet sebagai sumber karbohidrat alternatif.

Untuk teman-teman yang penasaran bagaimana rasa thiwul, yuk berkunjung ke Gunung Kidul.

2 Komentar untuk "Mampir Beli Thiwul di Gathot Thiwul Yu Tum Gunung Kidul"

  1. Cuman ngeliat dari gambar sepintas aja udah bikin ngiler, kebayang dong kalau ngincip langsung di tempatnya huehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel