Serunya Menikmati Wisata Alam dan Petualangan di D'Pongs Wisata Keluarga, Ponganan Gunung Pati Semarang


Di suatu siang pikiran saya lagi asyiknya menerawang kemana-mana. "Ya Allah, rasanya udah lamaa banget ga piknik yang bikin adrenalin bergejolak ya. Masa sih kudu manjat pohon tetangga biar hidup gue seru". Duh bisa-bisa nanti dikira babon maling dong.

Dan Allah Maha Baik, ga lama kemudian ada pesan WA masuk. Ternyata hambanya yang nelangsa kurang piknik ini 😝dapet rejeki diajakin rekreasi ke D'Pongs Wisata Keluarga yang ada di Gunung Pati. "Alhamdulillah ya Allah".


Jam 9.30 pagi dari Semarang Kota menuju D'Pongs

Ada 10 orang yang berangkat ke D'Pongs di hari Rabu kemarin. Sebagian langsung menuju lokasi dengan kendaraannya masing-masing. Tapi karena ga punya SIM motor, saya naik ojek dulu ke Klenteng Sampokong.

Kemudian dari Sampokong ke D'Pongs janjian berangkat bareng mba Wati (hidayah-art.com) naik GrabCar. Oiya, si kecil Aito hari itu saya ajak, jadi dia bolos sehari dari sekolahnya. Biarin deh sekali-kali biar seneng, Mumpung masih TK juga. Dan sekitar 30 menit kemudian taksi online yang kami tumpangi udah sampai di tujuan. Hurray, lets the adventure begin!


Asal-Usul Nama D'Pongs


Rumah Pohon dari Kayu

D'Pongs, diambil dari nama desa tempat wisata ini berasal, yaitu desa Ponganan yang terletak di Gunung Pati. Memang D'Pongs masih termasuk baru banget karena baru mulai buka sejak libur lebaran 2018 lalu. Tapi ga susah kok cari lokasinya. Kalau teman-teman berangkat dari Semarang ke arah Goa Kreo, maka D'Pongs ada di sebelah kiri jalan ya. Plangnya gede banget kok jadi pasti kelihatan. Atau kalau mau gampang pake aja Google Map, pasti lah ketemu.

Setelah sampai di halaman D'Pong kami clingak-clinguk cari teman-teman yang sudah lebih dulu sampai, ternyata mereka uda kumpul di area mini trail. Area ini ada di belakang kios-kios makanan. Tapi kios makanannya cuma sedikit yang buka waktu itu. Kalau di weekend pasti lebih rame nih. Eh tapi kalau mau puas dan ga begitu antri malah enak pas hari kerja dong kesininya.


Yuk Mulai Seseruan di D'Pongs Wisata Keluarga

  • Hammock Bersusun 3 Tingkat

Senyum manis meski gagal naik hammock di tingkat 2

Wahana pertama yang kami coba adalah hammock 3 tingkat. Tadinya saya pikir gampang naiknya tinggal manjat kek manjat pohon. Eh ternyata....susah Pak Eko! Padahal udah diajarin sama mas-mas D'Pongs.

Tapi saya penasaran pengen coba juga meski teman-teman juga kesulitan. Cuman saya tahu diri lah ga mau naik ke hammock yang paling atas. Cukuplah manjat ke hammock nomor 2 aja. Itupun akhirnya gagal gaes. Padahal kaki udah dipentang-pentangin ((apasih istilahnya)) ke kanan kiri, bahkan dibantuin sama mba Wati dan Koko Ari juga. Tapi tetep aja gagal. Maklum ya gaes keberatan badan, wkwkwk.

Akhirnya Aito aja deh yang digotong tuk tiduran di situ. Dan saya duduk manis aja di hammock terbawah 😁.

  • Memanah (Archery)

Memanah hatimuu....

Next kami diajak belajar memanah. Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah untuk dipelajari ini juga baru pertama kali saya coba. Tapi yang ini gampang kok #sombong 😆. Percobaan pertama gagal, tapi pas coba kedua kalinya langsung bisa nancep hampir di tengah. Ayey!

  • ATV & Mini Trail Ride

Awas emak-emak sen kiri beloknya ke kanan mo lewat

Ada ATV dan mini Trail yang bisa anak usia tertentu dan orang dewasa kendarai. Kalau balita tentunya belum bisa karena cara mengoperasikan ATV dan motor trail imut ini sama seperti kendaraan berukuran normal. Saya sempat cobain yang mini trail aja, sedangkan yang ATV cukup mbonceng  mba Nia Nurdiansyah. Eiya, walaupun kelihatannya ga kenceng, tapi karena posisi badan menghadap ke belakang, tetep ada sensasi serem-serem nagih lho. Hahaha.

  • Flying Fox

Geng Ubur-Ubur siap beraksi

Jangan remehin Flying Fox di D'Pongs karena bukan sekadar wuzz meluncur di tali dan udahan. Kalau teman-teman memang bernyali besar seperti mba Ika Puspita, Mara Solehah, Zain, Handiko dan Dini Lintang yang udah cobain high rope dan flying fox extreme dari ketinggian yang lumayan cihuy, dijamin kalian pasti nyesel. Nyesel kalo cuma 1 kali gaes 😎. 

  • Memberi Makan Rusa (Feeding Deer)

Sini rusa cantik ayo maem burger, eh maem singkong ding

Setelah 5 personil tadi pada udahan main flying fox yang cukup menguras tenaga dan adrenalin, maka kami pun lanjut ke kegiatan yang santai...., waktunya memberi makan rusa.

Rusa-rusa yang ada totol-totol putih di badannya itu awalnya bikin kami ngeri-ngeri sedap khawatir nanti nyeruduk badan kami yang bohay-bohay 😁. Tapi mba-mba dan mas-mas yang nemenin kami bilang kalau para rusa udah  jinak banget. Eh iya, katanya rusa-rusa ini hadiah dari Pak Jokowi dari istana bogor lho.

Setelah masuk ke kandang, ternyata mereka beneran jinak dan seneng banget disuapin singkong kupas. Tapi kalau masuk ke kandang rusa katanya jangan teriak atau lari. Kata si mas yang jaga, rusa bisa latah  kaget, takut dan ntar ga mau mendekat lagi ke kita.

  • Berkuda

Ga naik kuda tapi berhasil elus-elus kuda yang lagi mellow
Setelah puas memberi makan dan main-main sama rusa jinak dari Bogor, kami pengen cobain naik kuda yang ada di D'Pongs. Sayangnya pas didekati, kuda-kuda lagi agak ga bersemangat. Meski akhirnya Koko Ari sama Dini Lintang berhasil naik tapi saya milih lihat aja dari kejauhan. Pas udah selesai saya baru tahu kalau kuda yang dinaiki Koko namanya Grandis. Grandis si kuda Australia itu rupnya lagi sakit gigi. Pantesan dia kliatan galak gitu tadi. Emang ya sakit gigi itu ga lebih enak dari sakit hati #curcol.

  • Paint Ball



Nah ini dia puncak acaranya, kami semua main PaintBall yang seru abis. Karena personelnya ada 10, maka dibagi jadi 2 tim.

Tim merah (Mara, Mba Wati, Dini, Zain, Mba Ika) lawan tim biru (Diko, Koko, Mba Nia, Erina dan Aku) kami tembak-tembak pakai senapan khusus paint ball edisi terbaru yang kalau dipegang aja kentara kualitasnya dan kerasa lumayan berat.

Dar-der-dor semua berusaha saling menembak tim lawan. Zain dan mba Wati pun kena tembak dan pakaian khusus paintball yang mereka pakai jadi kena noda. Tim Biru bersih ga kena tembak sama sekali. Jadi Tim Biru lah pemenang pertandingan Paint Ball kali ini. Hoyeee!!!


Seru banget wisata alam dan petualang yang kami nikmati di D'Pongs hari itu. Ga terasa sekitar 6 atau 7 jam waktu berlalu dan hari sudah beranjak sore. Meski keringetan sampai baju kami basah tapi karena hepi ya ga berasa capek.

Beneran nih kalau liburan kudu diagendakan balik lagi ke D'Pongs ngajak keluarga. Karena D'Pongs memang wisata keluarga pasti lebih asyik dong rame-rame.


Jadi, kapan kita ke D'Pongs lagi gaes?

D'Pongs 
Jl. Kol R Warsito S (Manyaran- Gunung Pati) No. 3
Desa Ponganan, Gunung Pati Semarang
0821-2776-8964, 0812-9760-1100, 0819-031901994
Fb: d'Pongs Wisata Keluarga

Ig: @dpongs_wisatakeluarga

HTM Rp. 5000 (belum termasuk permainan)
Buka Senin-Jumat Pkl. 09.00-16.30
Buka Sabtu-Minggu Pkl. 09.00-17.00

Pricelist:
  • ATV : 25rb-50rb
  • Mini Trail : 35rb
  • Flying Fox Pendek : 20rb
  • Flying Fox Extreme : 30rb
  • Highrope 10 rintangan ; 50rb
  • Paintball : 125rb/orang (30 peluru)
  • Horse Riding : mulai dari 45rb
  • Feeding Deer : 5rb

Tersedia Toilet dan Mushola

32 Comments

  1. Wuih seru banget ya di sini, bisa main2 tempatnya juga cocok buat foto2, misalnya di hammock nya itu. Cakeup! Kalo aku cukup duduk di paling bawah aja deh haha

    ReplyDelete
  2. seru dan asyik banyak pilihan untuk semua keluarga ya mba. kebayang kalau ke sini sama anak-anakku pasti pengen nyobain semua ya. Itu feeding the deers lucuuu ya mba

    ReplyDelete
  3. wah seru sekali piknik di dpongs ini, belum sempat naik kuda nih sama naik Hammock yg paling atas, next agendakan pagi kesana yuk mbak

    ReplyDelete
  4. Sempet bingung juga itu naik hamock di bagian paling atas tuh gimana.apa harus pakai tangga gt..ternyata yaaa..harus pekengkengan.wkwkwkwkwm

    ReplyDelete
  5. Aku lihaaaaattt cara naik hammocknya di IG stories mas handikooo, lumayan tricky juga ya Mbaaa....

    ReplyDelete
  6. Huwaaa....asik banget ini mah. seru seruan sekeluarga dengan harga terjangkau yaaaa. kalau ke semarang kayanya wajib mampir ke dPongs

    ReplyDelete
  7. Kalau lagi berasa kurang piknik terus ada yang ajak jalan-jalan rasnaya bahagia banget ya mba, di D'Pongs asyik ya mba banyak permainanya, ada archery segala, kayaknya seru banget piknik ke sana

    ReplyDelete
  8. lengkap banget ya d' Pongs nya, kalau ke sana anak anak bakal betah nih. Apalagi yang kutahu, daerah Gunung Pati itu adem ya, Mbak?

    ReplyDelete
  9. Aku baru sekali doang ke Semarang. Sekarang keknya udah banyak tempat-tempat wisata di sana ya. Asik-asik keknya :D

    ReplyDelete
  10. Dari kemarin baca tentang D pongs ini bikin mupeng. Seru ya...wisata alam dengan berbagai fasilitasnya yg asik dan lengkap. Anak2 pastinya seneng banget ya diajak kesitu

    ReplyDelete
  11. Wah lengkap banget wahana ini.
    Apalagi syarat aktivitas yang melibatkan fisik dan pengalaman baru seperti "feeding the deers".
    Sukaaaa...!

    ReplyDelete
  12. Mau ah ajak anak-anak kesana nanti pang liburan sekolah & mudik ke rumah eyangnya

    ReplyDelete
  13. Ah seruuuu... anak2ku pasti suka. Nanti pas pulkam temenin ke sana ya mba hehehe

    ReplyDelete
  14. Aiiihhh aku mau laahhh kapan2 klo ke DPong lagi. Seru banget yaaaa... Anak lanang bakalan seneng baaaanget nih kalau diajak ke sini.

    ReplyDelete
  15. Serunya d'Pongs ini deket banget sama kota,, nggak perlu capek2 di perjalanan, langsung bisa seru2an. Yeay.

    ReplyDelete
  16. Seru ini paket lengkap ada smeua aku penasaran pengen naik ATV mba :) next kalau ke Semarang bisa keisini nih

    ReplyDelete
  17. mupeeeeng sama mainannya.. besok kalo aku ke semarang, mau nodong mbak Ika ah..

    betewe, Mbak Untari koq mirip sama mbakku sih.. tadi aku kira foto memanah yang atas itu mbakku, eh ternyata ada mbakku di kanan bawah.

    ReplyDelete
  18. Asyiknya main bareng gitu. Lumayan lengkap dan cukup seru walau main cuma sehari. Eh itu naik hammock yg atas gimana ya? Rada takut ketinggian sebenarnya

    ReplyDelete
  19. Pingin nyobain atv dan berkudanya, aaah ga sabar nunggu liburan berangkat ke semarang :))

    ReplyDelete
  20. wah seru sekarang di semarang makin banyak objek wisata

    ReplyDelete
  21. Waaaah, udah lama nih saya gak main ke tempat kayak gini. Kangen juga. Walopun kena pelurunya sedikit sakit, main paint ball ini nyenengin. Sekaligus bikin terpacu adrenalin. :D

    ReplyDelete
  22. Jadi tau kalau D'Pongs itu singkatan dari Desa Ponganan...jadi mudah diingat ya mbak namanya.

    ReplyDelete
  23. Gunung pati sekarang dah ramai ya mbak. Dulu waktu aku kuliah di situ masih hutan belukar.

    Jadi.pwngen Napak tilas ke gunung pati

    ReplyDelete
  24. Mbak Un, Ya Allah, ati2 Mbak, ntar hammock di tingkat 2ny ajebol lho. Haaha. Gimana, maish pingin piknik lagi? Nyeletuk aja terus, Mbak, ntar Gusti Allah kabulkan. Hihihi.

    ReplyDelete
  25. Seruu niih...
    Adrenalin banget pas bagian Paint Ball.
    Hihii~
    Secara kita mesti jeli yaa...siapa kawan siapa lawan.

    ReplyDelete
  26. Kalo ke Semarang pengen ajak anak saya ke sana. Pasti suka banget. Keren tempatnya dan permainannya juga seeu banget. Tfs mbak.

    ReplyDelete
  27. Weeew di Semarang ada juga yaa, wah skrg setiap kota mulai berbenah di tempat wisatanya ya mba.

    ReplyDelete
  28. Seru banget nih mbak...namanya juga unik D'Pongs jadi kayak nama artis 80an ya oom Pong Harjatmo hehehehe. Jadi pengen naik ke hammock yg ke 3nya nih...bisa ga ya..

    ReplyDelete
  29. Wah tempatnya asik. anak-anakku kalau diajak ke sana pasti nggak mau pulang

    ReplyDelete
  30. Wah tempat rekreasinya lengkap. Ada yang buat anak2 ada jg yang buat dewasa ya. Kudu ke sana kalau ke Semarang ya mbak :D
    Btw aku tu takut main paintball, rasanya tetep sakit kalau kena haha #anaknyacemen :P

    ReplyDelete
  31. Wa seru banget ini permainannya semoga semakin banyak ya tempat wisata yang kayak gini tempat ngumpul keluarga family time

    ReplyDelete
  32. Lihat lihat fotonya benar-benar seru deh,cocok buat wisata keluarga besar ini

    ReplyDelete