Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gudeg Pawon Jogja


Siapa yang ngga ngerti kalau Jogja disebut sebagai kota Gudeg? Duh kebangetan deh kalau ada yang ga tahu, kecuali kamu adalah alien 😂.

Ya, fakta ketenaran Gudeg dari Jogja memang sudah menyebar ke seantero negeri, bahkan juga luar negeri. Jadi sejak dahulu pun banyak yang mengidolakan gudeg yang berasal dari Jogja, meskipun sebenarnya Jawa Tengah juga punya gudeg versinya sendiri.

Bahkan gudeg Jogja juga sudah dikemas dalam bentuk kalengan supaya mudah dibawa ketika harus bepergian lintas negara.

Tapi jujur saja, meski saya tergolong omnivora, tapi terhadap Gudeg Jogja ataupun gudeg dari manapun, saya memang tidak begitu suka. Bagi saya, gudeg adalah makanan yang bikin mblenger karena citarasanya yang terlalu manis.

Makanan khas Jogja Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. 

Namun pendapat saya tentang Gudeg Jogja akhirnya berubah ketika menemukan Gudeg Pawon!

gudeg malam Jogja

Sesuai namanya, Gudeg Pawon benar-benar dijual di pawon. Dalam bahasa Jawa pawon artinya dapur. Tentu saja pawon di sini bukan dapur biasa yang menggunakan kompor gas untuk memasak. Tapi, pawon memakai tungku tradisional dan berbahan bakar kayu. Karena masih dimasak dengan cara otentik inilah Gudeg Pawon disukai banyak orang.

Konon katanya untuk mendapatkan seporsi Gudeg Pawon, pembeli harus rela antri berdiri cukup lama. Tapi saat kami ke sana di sekitar bulan Januari 2021, hanya ada sedikit orang yang mengantri.

Gudeg Pawon Jogja

Isi Gudeg Pawon tidaklah berbeda dari tipikal gudeg pada umumnya. Selain ayam, nangka muda yang sudah overcooked, ada pula krecek dan tempe dalam bumbu berminyak pedas sebagai penyeimbang rasa.

Namun meski semua isi Gudeg Pawon tidak tampak spesial, opini ini akan berubah ketika isi di dalam piring berpindah ke mulut. Bagi saya, nangka muda yang lunak dari Gudeg Pawon punya rasa yang unik. Dan ketika dimakan berbarengan dengan krecek serta ayam kampung yang bisa request ingin bagian apa, semuanya sangat pas, enak, gurih, pedas dan mlekoh. Mungkin kalau digambarkan, bagaikan ada taman pelangi di dalam benak saya.

Well, review ini memang sangat subyektif  dan bisa saja berbeda bagi orang lain. Tapi, kalau teman-teman sedang ingin kulineran gudeg malam Jogja ketika ada di kota Pelajar, cobalah mampir ke Gudeg pawon yang ada di Jalan Janturan, Warungboto, Umbulharjo.

Apakah komentar teman-teman sama atau berbeda, yuk sharing ya di kolom komentar?


Post a Comment for "Gudeg Pawon Jogja"