Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Mall di Kota Semarang


Bagi warga daerah perkotaan seperti Semarang, Mall bukan hanya tempat belanja tapi juga bisa digunakan sebagai tempat healing atau berekreasi dan tempat kulineran. 

Di penghujung 2023, ada beberapa Mall baru dibangun di kota Semarang, meski ada juga Mall yang mati suri seperti Simpang Lima Plasa. 

Nah, mungkin ada teman-teman untaritravelnotes yang butuh daftar Mall yang masih aktif di kota Semarang, inilah dia.... 

1. Citraland Mall

Pertama, Citraland Mall atau sering disebut CL oleh warga lokal. 

CL merupakan Mall yang cukup legend hingga sekarang tapi meskipun lumayan berumur, Mall ini masih sangat ramai dikunjungi baik di hari biasa maupun hari libur. 

Di CL, ada banyak tenant fashion, elektronik, kebutuhan olahraga, hingga bermacam stand kuliner baik makanan berat, minuman ataupun jajanan. 

2. DP Mall

Kedua adalah DP Mall. DP Mall dulu hampir mati suri namun berhasil bangkit dan sekarang malah sangat ramai. Mall ini terletak di jalan Pemuda tepat bersebelahan dengan ikon Semarang yaitu Lawang Sewu. 

Meski tidak terlalu luas, tapi DP Mall punya banyak gerai-gerai bermerek terkenal seperti Uniqlo, H&M, Sushi Tei, Sephora, Miniso dan masih banyak lagi.

Di lantai paling atas ada food court yang riuh ketika jam makan tiba dan ada pula indoor playground yaitu Kidzilla. 

3.  Paragon Mall

Masih di jalan Pemuda Semarang selain DP Mall ada Mall Paragon. Untuk ukuran, Paragon sebenarnya tidak terlalu besar tapi cukup representatif sebagai pusat perbelanjaan dan berbagai macam tenant yang mengisi pun lumayan beragam.

Untuk food court dan bioskop bisa dicari di lantai paling atas. Di lantai yang sama ada tempat permainan anak-anak yaitu Happy Time.

4. The Park Mall

Mall yang berada di wilayah Krobokan, Semarang Barat ini baru dibuka sekitar pertengahan 2023. Untuk ukuran sangatlah luas dengan desain yang tidak memusingkan pengunjung. 

Meski luas, menurut saya, mall yang satu ini belum terlalu ramai. Mungkin karena banyak area kosong yang belum diisi tenant-tenant yang diharapkan oleh warga Semarang, terutama tenant kuliner yang masih perlu ditambah lagi keberagamannya.

Di The Park, ada dua provider penyedia wahana permainan yaitu Happy Time dan Fun World. Sedangkan untuk fashion ada Matahari, H&M, dan lainnya. Ada pula gerai Food and Beverages, Sports, Mom & Kids. Sayang sekali untuk supermarket belum ada. Menurut kabar Lulu supermarket rencananya akan masuk The Park Mall namun hingga 2023 berakhir belum ada realisasinya.

5. Queen City Mall

Yang paling anyar di kota Semarang ada Queen City Mall atau saya menyebutnya Sri Ratu reborn. Lokasinya masih tetap di tempat yang sama dengan Sri Ratu. Ada dua gedung Queen City di sini. Gedung pertama adalah hasil perombakan Sri Ratu lawas sedangkan gedung kedua benar-benar baru dibangun.

Meski baru grand opening di bulan November, namun tenant-tenant di dalamnya sudah cukup komplit dan memenuhi kapasitas. Maka tak heran kalau Queen City langsung ramai dan disambut masyarakat Semarang dengan meriah. Apalagi di dalam mall ini banyak stand kuliner dan arena permainan seperti Funtopia, Kidzlandia dan Fun World.

6. Uptown BSB Mall

Mall yang ada di kecamatan Mijen ini adalah mall yang beda dari mall lainnya karena desainnya yang tanpa AC dan banyak area terbuka dengan konsep seperti di Korea. Nah karena banyak area terbuka dilengkapi banyak tempat duduk dan pohon-pohon inilah Uptown BSB Mall cocok untuk dijadikan tempat nongkrong baik dewasa, remaja atau anak-anak.

Untuk tenant, sudah banyak foodcourt dan gerai fashion serta wahana permainan di dalamnya. Supermarket pun juga ada di Uptown BSB Mall.

7. Java Mall

Selanjutnya adalah Java Mall yang sudah cukup lama eksis. Meskipun hypermart yang pernah mengisi lantai basement sudah tidak ada tapi Hypermart masih cukup ramai hingga sekarang.

Di mall ini masyarakat masih bisa menikmati banyak hal seperti berbelanja di Matahari dan gerai fashion lainnya. Ada pula merchant-merchant kuliner ternama, toko mainan, salon kecantikan dan masih banyak lagi.

8. Tentrem Mall

Mall milik Sido Muncul ini berkesan sangat mewah, apalagi jadi satu dengan hotel Tentrem yang berperingkat bintang lima. Lokasinya cukup dekat dengan Simpang Lima, atau tepatnya ada di Jalan Gajah Mada, Semarang.

Keunikan dalam Tentrem Mall yang berbeda dengan mall lainnya di kota Semarang yaitu ada sebuah videotron besar yang ditempatkan di langit-langit gedung dan videotron tersebut menampilkan binatang laut seperti ikan paus dan ikan besar lainnya.

Selain videotron ikan yang memberi ilusi seperti ada ikan di langit-langit gedung, Tentrem Mall juga memiliki wahana ice skating dalam ruangan.

9. Transmart

Nah ini sengaja ditempatkan di daftar paling bawah karena saya sih ga anggap Transmart sebagai sebuah mall tapi kalau melihat kelengkapannya di dalamnya (supermarket, departemen store, food court, bioskop, wahana permainan), maka Transmart tetap layak disebut mall.

Ada beberapa Transmart di kota Semarang. Meski keberadaannya sekarang makin hidup segan mati tak mau, tapi tetap saja beroperasi walaupun sepi pengunjung.

- Transmart Setiabudi

- Transmart Majapahit

- Transmart SIM Square Telogorejo


Itulah daftar mall di kota Semarang yang masih dapat dikunjungi oleh masyarakat Semarang dan luar Semarang. Semoga memberi informasi bagi teman-teman pembaca yang ingin menyambangi mall di Semarang.

Post a Comment for "Daftar Mall di Kota Semarang"