Rela Antri di Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis Solo - Catatan Perjalanan Untari

Post Top Ad

Monday, March 19, 2018

Rela Antri di Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis Solo

'Sarapan adalah salah satu hal krusial di pagi hari', sebuah pernyataan yang semua orang tau.
Cuman biarpun udah tau penting tetep aja ya kadang tuh males banget. Apalagi kalo posisi pas di luar kota kaya kami kemarin dolan ke Solo (lagi), pengen sarapan gini gitu tapi kan belum apal tempat-tempat mana yang enak buat nyarap.

Si abang alias suami akhirnya ngajak ke daerah Pucangsawit Jebres. Tadinya saya kira mo makan sop pecok ayam, soalnya dia kalo pagi suka sarapan yang berkuah gitu. Eh ternyata diajak ke Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis. Duuh, melting deh aye bang, tau aja bininya doyan daun ijo, hehe, kambing kali ah.

Tapi begitu masuk lokasi,beuhh..dah rame banget itu warung. Mana modelnya ga disamperin waiter, tapi pembeli kudu rela antri ke depan kasir. Udah gitu hampir semua bangku udah diisi orang yang bawa keluarganya masing-masing. Sambil antri, kami sambil tengok-tengok kalau-kalau ada kursi yang udah kosong. Ternyata kagak ada sodara-sodara, ya udah fokus ke mo pesen apa dulu deh.

Akhirnya pas giliran kami datang, saya yang tadinya sempet tergoda mau nasi tumpang apa nasi langgi berani memutuskan pesen nasi pecel madiun tapi pake nasi merah. Bukannya mau diet lho ya, tapi kuteringat saran ahli gizi di tipi yang bilang kalau serat beras merah lebih tinggi daripada beras putih biasa. Artinya kalau makan nasi merah bakal lebih tahan lama di perut. Nah ini tips trik biar ngirit ga dikit-dikit minta makan lagi. Tapi biar nampol, mumpung di Solo, minumnya es dawet ayu ah, hehe.

Kalau suami yang gabisa jauh-jauh dari makanan berkuah pagi itu beli sop dadar gulung, maksudnya sekalian nyuapin si kecil karena sopnya kan ga pedes.

Nasi Pecel lauk tempe goreng + Dawet Ayu Selasih

Sop Dadar Gulung
Setelah dijilat diputar dicelupin, eh maksudnya dikunyah dan ditelan, glek. Pecelnya mantab! Sayurnya seger, peyeknya kriuk ga tengik dan bumbu kacangnya nendang abis, pedes poll mbokdhe! Tempe goreng yang saya pilih karena kliatan berkilau juga rasanya gurih meresap, cocok banget lah jadi lauk pecel yang pedes.

Yang lebih yahud lagi nasi merahnya. Kayaknya emang sudah pro banget mengolah beras merah yang kata orang harus direndem semalaman biar bisa empuk waktu ditanak. Jadi blas ga terasa keras dan kering pas dimakan.

Untuk dawet selasihnya biar kata porsinya imut tapi enak juga, manisnya ga nyegrak. Sedangkan si sop dadar gulung saya sih ngicip dikit aja jadi gabisa bilang gimana rasanya, apalagi lidah terlanjur kena citarasa pedes bumbu pecel.
Overall rekomended sih kalo pas ke Solo trus mampir sarapan di Pecel Madiun Laris Manis ini. Yang penting mau antri pesen makanan dan cari kursi kosong. Soal harga juga terjangkau di kantong traveler pas-pasan 😁. Semangkok dawet dihargai 5000 dan pecel nasi merah cuman 10ribu rupiah tapi kenyang sampe siang!
March 19, 2018 / by / 5 Comments

5 comments:

  1. wih! minggu depan mau mampir ke solo sebentar, cobain mampir ah :D

    ReplyDelete
  2. Bumbu pecel e pedes puooll semua ? Bisa request khusus gak ya ... Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba. Bisa minta yang ga pedes

      Delete
  3. Pecel itu makanan favorit aku, tapi Dawet Ayu nya, enakan mana ama yg di Banjarnegara ya?
    Kalo pas ke Solo pingin mampir jg ah..Trimakasih udah sharing yg enak2 hehehe...

    ReplyDelete

Advertisement