Impianku Menjelajah Sumbawa Bersama Skyscanner - Catatan Perjalanan Untari

Wednesday, April 4, 2018

Impianku Menjelajah Sumbawa Bersama Skyscanner

Impianku Menjelajah Sumbawa - Indonesia itu luas banget ya, meski kalau dilihat dari peta dunia ga lebih luas dari benua Eropa. Haha, ya iyalah kalau dibandingkan benua jelas kalah, kan negara ini memang berbentuk kepulauan. Ga heran kalau pulaunya terbentang dari ujung timur ke ujung barat, dari utara ke selatan yang jumlahnya kata om wikipedia ada 17.504 (data tahun 2004).

Tapi dari puluh ribuan pulau di Indonesia sayangnya saya belum pernah beranjak dari 2 pulau. Selain pulau Jawa, tempat saya lahir, besar, mencari penghidupan kemudian menemukan jodoh, hanya 1 pulau lain yang pernah dikunjungi, yaitu pulau Bali, itupun sudah lama banget, pas piknik sekolah jaman SMA.

Makanya, kini saya punya impian ingin bisa menjelajahi keindahan dan keragaman budaya di Indonesia suatu saat, yang tentu akan berbeda dengan adat istiadat di pulau Jawa. Dan yang paling nempel di benakku karena sering menonton pesona alamnya adalah ke Pulau Sumbawa.

Pulau Sumbawa ada di Nusa Tenggara Barat. Pulai ini dibatasi oleh Selat Alas di bagian baratnya yang memisahkan dengan Pulau Lombok, Selat Sape yang memisahkan dengan Pulau Komodo. Sedangkan di utara dibatasi oleh Laut Flores dan selatannya bertemu dengan Samudra Indonesia..

gambar dari http://indonesia-tourism.com/
Btw, kenapa sih saya pengen ke Sumbawa? Ini dia beberapa tujuan wisata yang jadi alasannya

1. Gunung Tambora
Gunung yang letusannya maha dashyat ini pada abad ke-19 sampai bikin iklim di dunia kacau balau. Tingginya sampai 4300 meter, dan punya dapur magma yang luar biasa besar. Sehingga saat bulan April 1815 letusan Tambora terdengar sampai pulau Sumatera. Dan setahun berikutnya musim panas di Eropa dan Amerika Utara terganggu sampai mengakibatkan gagal panen.

Reputasi gunung Tambora ini meski serem tapi membuat saya penasaran akut bagaimana rupa aslinya. Katanya sih ada 2 jalur pendakian: lewat desa Doro Mboha yang melewati perkebunan jambu mete dan satunya lewat desa Pancasila yang hanya bisa ditempuh lewat jalan kaki. Misalnya gabisa lihat dari dekat pun setidaknya ingin melihat Gunung Tambora dari kejauhan.

2. Pantai Lakey
Pantai yang ga populer di telinga orang Indonesia ini malah femes banget di kalangan peselancar mancanegara. Kenapa sih? Ya karena ombaknya yang keren banget dan unik. Uniknya adalah sapuan ombaknya yang ke kiri bukan ke kanan seperti sapuan ombak pada umumnya.

Si ombak Pantai Lakey juga stabil sepanjang tahun, jadi ga heran kalau sering ada perlombaan surfing di sana. Waah pasti banyak bule-bule bawa papan selancar dong. Bisa wisata sekalian minta ajarin surfing dong ya...

3. Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu memiliki perpaduan air terjun yang berwarna hijau tua dan muda, empat undak serta tujuh kolam. Oleh penduduk setempat, “mata jitu” diartikan sebagai mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam di bawahnya. Air terjun ini pernah dikunjungi Putri Diana pada tahun 1993 sehingga dijuluki juga sebagai Queen Waterfall. Membayangkan bisa duduk di bawah tumpahan air terjunnya, pasti epik banget deh tak terlupa seumur hidup.

Daftar yang disebut diatas memang cuma sedikit, tapi minimalnya saya pengen ke 3 lokasi tersebut. Selain ke tempat wisata, hal yang ga boleh dilewatkan di Sumbawa adalah melihat kegiatan warga sekitar dan membaur bersama mereka. Saya pengen merasakan naik transportasi umum, mblusuk ke pasar tradisional dan yang ga boleh lupa mencicipi kuliner lokal Sumbawa.

Terbang ke Sumbawa dengan Skyscanner

Jarak antara kota yang saya tinggali yaitu Semarang ke Sumbawa memang jauh. Kalau jalan kaki jelas ga mungkin *kapan sampainya? Idealnya ya tentu bisa lewat jalur darat yang memakan waktu lama atau naik pesawat terbang kalau mau lebih cepat.

Nah urusan terbang serahkan saja pada Skyscanner. Apa sih Skyscanner? Kalau kamu adalah traveler agak kebangetan deh kalo belum pernah dengar. Tapi kalau selama ini biasa menyerahkan semua sama travel agen, coba deh sesekali tengok dulu perbandingan harga Tiket Pesawat di Skyscanner.
Mencari perbandingan harga tiket pesawat seperti Tiket Pesawat Garuda atau dari maskapai lain melalui Skyscanner cukup masukkan tanggal dan tujuan di kolom pencarian dan biarkan sistem Skyscanner yang bekerja. Kemudian jika hasil pencarian sudah ditampilkan kita bisa menngurutkannya sesuai maskapai, total waktu perjalanan, harga per penumpang dewasa, bahkan waktu berangkat atau pulang dari yang lebih dini atau lebih lambat. Dijamin tidak ada hidden fee atau charge di luar harga yang ditampilkan.

Buat yang punya budget lebih banyak atau Garuda addicted, di Skyscanner juga bisa dapat info harga promo dari maskapai kebanggaan Indonesia ini loh. Caranya mudah:
- cek website Skyscanner secara berkala
- mendaftarkan email ke newsletter Skyscanner
- pasang aplikasinya di handhpne pintarmu

Jadi mudah kan, dengan Skyscanner sudah ga pusing cari maskapai sesuai kebutuhan. Tinggal kumpulin budget, bikin itinerary dan tentukan tanggal liburan. Kemudian pesan tiket di Skyscanner, semua beres.

Menyertakan disclaimer di akhir artikel: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

No comments:

Post a Comment