Penginapan Ekonomis Nyaman Griya Sakura Syariah Colomadu - Catatan Perjalanan Untari

Post Top Ad

Monday, April 9, 2018

Penginapan Ekonomis Nyaman Griya Sakura Syariah Colomadu


Griya Sakura Syariah Colomadu Surakarta - Mencari penginapan ekonomis itu mudah, apalagi di area sekitar kota Solo. Tapi kalau cari penginapan ekonomis yang syariah, tenang, nyaman buat keluarga, ga sempit, ga mesti naik tangga, dan ada fasilitas dapurnya.......itu ga gampang deh ah.

Eits tapi jangan khawatir, di postingan kali ini ini saya pengen cerita pengalaman menginap di Griya Sakura Syariah yang ada di Colomadu, Surakarta. Di penginapan inilah semua kriteria yang saya sebutin di atas bisa kita temuin. Eh iya, saya dan keluarga menginap disana pada akhir bulan Maret 2018 lalu. Makanya mumpung masih segar di ingatan saya tulis di blog ini. Siapa tau ada yang lagi cari penginapan di sekitar Colomadu dan 'nyasar' ke untaritravelnotes kan bisa jadi referensi 😁, hehe pede banget ah.

Colomadu sebenarnya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yang berada di barat Kota Surakarta. Jadi dari Colomadu ke pusat kota Surakarta alias Solo memang masih lumayan jauh kalau jalan kaki *apalagi kalau ngesot 😂. Tapi di Colomadu ini ada beberapa tempat wisata, hotel dan kantor pemerintahan yang penting juga bagi warga Solo. Misalnya nih, karena sebagian bandara Adisumarmo ada di wilayah kecamatan Colomadu makanya kantor imigrasi kelas I Surakarta juga berada di area ini. Omong-omong kantor Imigrasi, buat saya yang pernah PKL disana jaman kuliah, menginap di Griya Syariah Sakura juga berasa nostalgia loh.

Selain itu, kalau kamu termasuk yang memperhatikan berita tentang wisata di Karanganyar, juga ada tempat baru buat warga sekitar dan traveler nongkrong di siang atau malam hari, namanya De Tjolomadoe. De Tjolomadoe dulunya adalah pabrik gula yang didirikan oleh KGPAA Mangkunagara IV dan pernah berjaya di masa kolonial. Sayangnya karena tergerus perkembangan jaman pabrik gula ini terpaksa ditutup pada tahun 1998. Kemudian Maret 2018, pabrik gula Colomadu direvitalisasi dan berubah fungsi menjadi pusat kebudayaan yang tetap dipertahankan bentuk aslinya.

Back to Griya Sakura Syariah, jarak antara kantor Imigrasi, de Tjolomadoe dengan penginapan bercat dominan hijau tersebut sangat dekat. Jadi kalau teman-teman traveler ada yang berencana ke Colomadu atau ada keperluan di kecamatan ini, Griya Sakura Syariah bisa menjadi pilihan. Di bawah ini saya jembreng ya fasilitasnya.

Kamar yang kami inapi berisi kasur yang sudah lengkap beserta bantal dan guling. Jadi yang biasa bobo kekepan guling jangan khawatir karena disini sudah disediakan. Selimut juga ada buat melindungi tubuh dari hawa dingin. Kemaren pas kami menginap, kebetulan malam hari di Colomadu lagi adem banget. Kalau biasanya di hotel kota lain kami butuh ac sepanjang malam sampai pagi, justru engga berlaku disini. Ac yang juga melengkapi fasilitas Griya Sakura harus dimatikan jam 1.

Kamar mandi yang ada di bagian belakang sudah pakai toilet duduk, tanpa bak dan shower, tapi ada 2 ember yang disediakan untuk menampung air dari keran. Tenang aja, airnya menyala sepanjang hari, jernih dan segar. Tapi karena engga ada shower air panas, tamu harus rela mandi air dingin kalau sampai ke penginapan lewat jam 4 sore. Nggg, ga mau air dingin? Ada caranya kok...simak terus ke bawah ya..

Di dekat kamar mandi ada lemari buat naroh pakaian termasuk keranjang pakaian kotor juga ada di sebelahnya. Untuk traveler, Griya Sakura Syariah juga dilengkapi meja yang bisa dipakai buat ngetik di laptop, yang kalau bosen bisa disambi nonton tivi di sebelahnya. Kalau cari colokan listrik buat charging hape atau laptop tinggal lihat ke atas meja.
Di depan tiap kamar disediakan sofa, yang bisa dipakai buat leyeh-leyeh atau menerima tamu dan teman yang datang berkunjung. Anyway, Griya Sakura selain penginapan juga sebuah kost exclusive. Jadi mau sewa harian atau bulanan bisa banget dong.

Trus, di pojokan rumah tersedia kompor sekaligus panci, wajan, dan teko. Nah ini buat yang ga mau mandi air dingin, caranya ya godog dulu air sepanci sampai panas trus tuangin ke ember. Yeay jadi bisa mandi air anget kan. Selain buat rebus air mandi atau buat nyeduh teh, boleh juga kok kalau mo masak mie instan atau telor ceplok buat sarapan. Piring gelas dan sendoknya tinggal ambil di dalam rak tivi ya.
 ---
Griya Sakura Syariah, kalau engga menginap sendirian, tentu hanya boleh diinapi tamu yang berstatus pasangan sah ya. Untuk mencari penginapan ini ancer-ancernya adalah Astra Isuzu Colomadu, masuk ke gang di seberangnya. Lurus aja nanti pasti ketemu deh. Apalagi cat dominan hijau kuningnya cukup mencolok. Di depannya ada tempat cuci motor. Dan kalau malam, sebelum penginapan ada angkringan yang enak dan murah meriah, saya sampe borong cap jay-nya yang bikin ingat masa sekolah dulu.

Buat teman-teman traveler yang mau menginap di Griya Sakura, bisa hubungi kontak di bawah ini ya:
Ibu Henny (owner) 0898-8676-656
April 09, 2018 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Advertisement