Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Family Vacation di Adhiwangsa Hotel Solo

Tahun ini saya ga mudik ke Cilacap, dan bukan gara-gara mo ngirit biar bisa mbolang ke Singapore yang direncanakan sejak kapan hari. Ah ya ga sepicik dan sepelit itu. Apalagi mudik ke ke Cilacap juga setaun paling banter 2-3x. Tapi alesannya hanya karena di Cilacap mo sungkem ke siapa. Lhawong bapak ibu juga lagi ada di Jakarta untuk nemenin si bungsu yang lagi hamil gede 😄.

Oke skip soal curhatan ga penting. Di postingan kali ini saya mo cerita liburan lebaran aja ya. Yang sebenarnya di minggu terakhir udah skeptis ga bakalan kemana-mana, tapi ternyata rezeki datang dari arah ga disangka-sangka. Kakak ipar ngajakin nginep di hotel tentunya bareng mama mertua.

Rencananya awal hotel yang kakak ipar mau di Semarang aja, tapi adeknya alias suami saya paling gabisa liburan di Semarang. Haha, ya dia emang anti banget libur panjang ngendon di Semarang, bosen katanya males nti ketemu orang-orang itu juga. So akhirnya kami pun memutuskan ke Solo aja.

Booking hotel pun di detik terakhir sekitar hampir tengah malam. Agak ketar-ketir sebenarnya apa iya masih ada kamar hotel yang tersisa. Tapi alhamdulillah dapet juga 2 kamar. Dan di hari Idul Fitri setelah sungkeman serta makan opor bareng-bareng kami pun bersiap berangkat ke Solo.

Arus Semarang-Solo kala itu cukup padat merayap dan panass banget. Sengaja ga lewat jalan tol, suami pun sempat berhenti untuk shalat jumat di Salatiga-Boyolali. Dan kami sampai di hotel sekitar pukul 1.30.

Tara....Inilah dia hotel yang kami inapi di libur lebaran kemarin. Namanya Hotel Adhiwangsa Solo. Kedatangan kami disambut dengan baik dan ramah oleh karyawan hotel yang dengan sigap membantu barang bawaan kami yang seabrek kaya mo minggat, hehehe. Enaknya pergi bawa kendaraan sendiri memang begini. Apalagi ada penumpang bocah cilik yang selalu bawa mainannya kemana aja.

Adhiwangsa Hotel tampak depan
Lobi Adhiwangsa Hotel
sepeda yang bisa dipakai mengelilingi taman hotel
welcome drink kunir asem

Hotel bintang 4 yang bereputasi baik di beberapa aplikasi pemesanan hotel ini memang berkesan sejak pertama kali kami datang. Punya halaman yang luas dan ditumbuhi pohon-pohon mangga, lobi yang terang dengan sofa dominan warna ungu dan ada welcome drink bagi tamu berupa es kunyit asem yang segar. Di bagian depan pintu hotel disediakan pula sepeda bagi pengunjung yang ingin mengitari area hotel.

Kamar yang kami pesan adalah tipe Superior (kalau ga salah, soalnya semua diurus kakak ipar). Fasilitas kamar hotel cukup standar yaitu televisi layar datar, AC, kulkas mini, air mineral, sekaligus teko untuk merebus air panas. Di kamar mandi tipe shower juga sudah disediakan 2 buah handuk, kit alat mandi dan ada hair dryer. Dan dari semua fasilitas tersebut yang membuat nyaman adalah karpet yang mengalasi lantai kamar, karena selain untuk shalat, saya dan si kecil juga jadi betah glengsoran di bawah sambil makan jajan dan bekal makanan yang dibawa dari Semarang.

Selain kamar yang cukup memuaskan dan kasur yang empuk, hal yang paling bikin kami susah move on adalah kolam renang Hotel Adhiwangsa. Dinamai Apsara Swimming Pool, kolam renang ini berukuran Mini Olympic. Jadi bukan kolam yang ukurannya seuplik sebagai pemanis hotel, tapi yang ini beneran lumayan luas. Antara kolam anak dan kolam untuk dewasa juga diberi pembatas.

Apsara Swimming Pool yang punya 2 kedalaman 120cm dan 200cm. Jadi untuk yang mau berenang dan masih belajaran lebih baik perhatikan keterangan kedalaman kolam supaya ga kelelep 😁.

Air di kolam Apsara sore itu saat kami nyemplung agak terasa dingin apalagi angin di kota Solo sedang lumayan kencang. Tapi senangnya airnya tidak terlalu bau kaporit dan terasa ringan untuk belajar berenang. Dan karena saking luasnya saya pun bisa ngelanyahke belajar berenang gaya punggung dari ujung ke ujung.
pemandangan Apsara Pool Adhiwangsa dari Lantai 3

Hari pun makin sore, tapi karena sebelumnya suami lihat info di lobi bahwa Adhiwangsa punya fasilitas jacuzzi maka kami pun ga mau rugi. Pantang balik ke kamar hotel dong ah sebelum berendam di kolam yang banyak gelembungnya itu 😆.

Dengan kondisi badan masi basah dan kedinginan air kolam, kami berempat dipandu seorang karyawan hotel ke tujuan. Tadinya kami kira ruang ini ga jauh dari area kolam renang. Memang kalau lihat di peta si ga jauh, tapi ruangannya ternyata ada di atas bangunan resto dan harus naik lift ke lantai 2 atau lantai 3 saya agak lupa.

Setelah susah payah supaya ga kepleset (karena saya ga pake baju khusus renang jadi air banyak menetes selama 'jalan-jalan') kamipun sampai di ruang gym. Ternyata di sinilah ruang whirlpool, jacuzzi dan ruang steam spa berada. Sayangnya saya ga bisa foto-foto meski saat itu cuma ada kami berempat. Soalnya handphone dan tas masi terkunci di locker kamar mandi Apsara Pool.

Yaudahlah akhirnya kami coba semua meski sebentar. Pas duduk di jacuzzi yang blebek-blebek itu saya mikir 'wah ini kalau lagi berendem rame-rame ga kliatan dong kalau ada yang kentut' hehehe. Di benak saya juga langsung teringat adegan mafia Yakuza bertato yang hobi banget berendam di whirpoll. Ya pantes mereka pada doyan yak, lhawong enak banget kaya dipijetin dan bikin relax.

Selain whirlpool, kami juga menjajal ruang sauna. Kakak ipar bilang kalo sering ngesauna gitu bisa bantu kurusin badan karena lemak-lemak juga ikut mencair sama keringat. Saya sih iya-iya aja. Tapi lemaknya bisa jadi mencair ga secepat mencairnya duit di dompet buat bayar biaya sauna kan 😅.

Cuma 30 menit ngejacuzzi dan ngesauna sebenarnya kami belum puas, tapi jam sudah menunjukkan pukul 17. 35 jadi mau ga mau harus balik ke kamar tuk maghriban dan siap-siap makan malam.

Well, overall pengalaman menginap semalam di Hotel Adhiwangsa Solo beberapa waktu lalu memang sangat menyenangkan. Hampir semua fasilitas yang tersedia sangat memuaskan. Meski menu sarapannya biasa aja tapi kalau ada rejeki dan kesempatan lain kali untuk kembali kesana kami ga ragu untuk mengiyakan.

The Adhiwangsa Hotel Solo
Alamat: Hailai, Jalan Adi Sucipto No.146, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139