Meriahnya Festival Banjir Kanal Barat di Semarang - Catatan Perjalanan Untari

Post Top Ad

Wednesday, June 6, 2018

Meriahnya Festival Banjir Kanal Barat di Semarang

Berdiri di tengah Festival Banjir Kanal Barat
Pada 11 Mei 2018, di jalan Krobokan sudah terlihat tenda-tenda berwarna putih yang berjejer rapi. Saya yang tinggal ga jauh dari lokasi ini malah baru sadar rupanya sore harinya akan digelar acara yang saya tunggu-tunggu tiap tahun yaitu Festival Banjir Kanal Barat. Eh lah kok tumben festivalnya dipindah ke jalan depan kompleks. Padahal tahun sebelumnya di seberang jembatan sana yang biasanya kudu disamperin dengan motor. Rupanya gara-gara pendangkalan sungai yang jadi pertimbangan festival kali ini pindah ke area baru. Yowis alhamdulillah malah jadi deket sama rumah, jalan juga sampai.

Festival Banjir Kanal Barat ini rasanya sayang dilewatkan, karena pengalaman saya di tahun lalu ada banyak gerai makanan dan jajanan serta UKM-UKM yang menjual pernik cantik buatan tangan. Ternyata tahun ini juga berkonsep sama, eh tapi malah lebih meriah.

Festival BKB atau yang tahun 2018 ini diberi tajuk Semarang Introducing Market adalah salah satu ajang tahunan Kota Semarang untuk merayakan hari jadi Kota Atlas. Ada rangkaian acara lain sebelum festival ini seperti Semarang Night Carnival yang selalu sukses menyedot perhatian warga sampai bikin jalan macet parah 😝.

Sebelum maghrib sebenarnya sudah banyak UKM yang membuka gerainya tapi karena saking panasnya kota Semarang jadi lebih enak datang setelah matahari terbenam. Dan setelah shalat maghrib kami langsung meluncur ke lokasi.

Pas saya datang sih belum begitu ramai, untuk jalan juga belum begitu susah. Gerai yang menjual makanan dan minuman juga masih kelihatan bakulnya. Tapi ga berselang lama sekitar 20 menit langsung deh lautan manusia menyerbu Festival BKB. Di depan beberapa penjual makanan dan minuman kekinian juga terlihat antrian yang mengular.

Di event yang disupport oleh Aplikasi Gojek ini ada beberapa tenda milik Gojek yang menyediakan booth foto. Untuk pengunjung yang datang menggunakan aplikasi Gojek bisa mendatangi booth untuk mendapatkan souvenir. Dan yang menunjukkan sudah follow akun GoFood Semarang di Instagram juga dapat kesempatan mengambil kupon beli 1 gratis 1 yang bisa di gunakan di merchant yang ada di Festival. Lumayan banget buat menghemat pengeluaran emak-emak irit.


Kalau ada yang penasaran ada apa saja pas Festival BKB kemaren, sebenernya sih ga ada yang terlalu spesial. Banyak panganan yang bisa ditemui di luar acara ini. Sebut saja jajanan hits seperti ais kepal Milo, sate gulung telur, dan thailand tea. Tapi ya tetep aja banyak yang beli bahkan penjualnya sampe ga kliatan buntutnya. Saya cuma bayangin berapakah omset yang mereka dapatkan selama event berlangsung. Wah mantep banget nih bisa kaya mendadak #lebay hahaha.


Makin malam, event Banjir Kanal Barat makin ramai. Apalagi acara utamanya adalah pertunjukan kapal berhias lampu, lampion air dan artis daerah seperti Ressa LawangSewu dan Selfi Nafilah KDI. Tapi sayang makin ramai dan berdesak-desakan jadi saya milih mlipir pulang aja. Semoga bisa jumpa event serupa di tahun depan.
June 06, 2018 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Advertisement