Magelang dan Hotel di Dekat Candi Borobudur


Jika menyebut nama Candi Borobudur, rasanya aneh ya kalau ga kenal atau ga pernah dengar, kecuali kamu tinggal di planet Namec 😝. Apalagi Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha yang menjadi magnet para wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Indonesia, selain pulau Bali tentunya.

Candi yang sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco dalam kategori budaya pada tahun 1991 ini sudah saya kunjungi beberapa kali, tapi kalau diingat-ingat ya udah cukup lama juga. Pertama kali waktu study tour SMA dan yang kedua bareng pacar dan keponakan-keponakannya, itu kira-kira 9 tahun yang lalu *jadi kliatan tuwir deh.

Makanya saya pengen menyambangi Candi Borobudur lagi apalagi sekarang sudah berkeluarga dan punya anak usia sekolah. Kayaknya pas deh kalau bikin rencana main-main ke Borobudur, sekalian eksplorasi kota Magelang sekaligus. Soalnya meskipun sering lewat dan beberapa kali ke Magelang, saya baru ngeh ternyata Kupat Tahu Magelang itu enak banget. Tahunya yang empuk berpadu sangat pas dengan kupat dan tauge dengan siraman kuah rasa pedas agak asem dan gurih. Duuh jadi ngiler deh.
Kupat Tahu Magelang 

Kupat Tahu Mandiri
Soal kendaraan kami ga terlalu pusing karena terbiasa bawa mobil pribadi. Supaya lebih fleksibel juga apalagi bawa anak kecil itu agak-agak rempong ya cyin. Pasti mainan dan selimut kesayangan si kecil kudu dibawa kemana-mana.

Tapi kalau soal hotel alias penginapan saya agak rewel alias pilah-pilih. Ga mau dong kalau nantinya Aito ga bisa bobok atau ga mau mandi karena fasilitas hotel yang ga sesuai bayangan kami. Meski kemauan segambreng tapi kalau bisa yang terjangkau dong. Haha kantong cekak aja banyak maunya. Trus pesan di mana dong biar bisa melihat fasilitas hotel dan memilih sesuai budget?

Gampang cyin, ada Traveloka. Kami biasa pesan lewat aplikasi. Tapi kalau pas ga pegang smartphone, pesan lewat website di laptop juga bisa kok. Caranya mudah banget, misalnya kami nih mo cari hotel traveloka yang berlokasi di dekat candi Borobudur.

Kenapa pilih penginapan yang dekat? Ya supaya bisa 'jalan' ke candi di pagi hari dan ga terlalu kena macet dibandingkan menginap di hotel yang agak jauh dari lokasi wisata yang dituju.

Cara pesan hotel di Traveloka:
1. Ketik Traveloka.com
2. Setelah halaman situs termuat di layar, ketik di kotak pencarian lokasi wisata yang dituju. Di sini saya ketik Borobudur. Kemudian Traveloka akan memberi saran pencarian sesuai kebutuhan. Lalu tentukan tanggal check in dan check out serta jumlah orang/ kamar yang akan dipesan. Klik Search Hotel.

3. Akan muncul hasil pencarian yang bisa difilter dan diurutkan sesuai keinginan seperti dari harga terendah atau terpopuler. Dari beberapa hasil yang ada, setelah discroll naik turun karena galau, mata saya tertuju pada sebuah hotel bernama Wahid Hotel yang harganya sangat terjangkau dan ada kolam renangnya. Sepertinya cocok buat liburan keluarga saya nih. Yuk coba dipesan.

4. Setelah melihat fasilitas, foto-foto kamar dan review dari tamu yang pernah menginap saya merasa cocok ya sudah langsung pesan aja kamar yang diinginkan dengan klik BOOK NOW.

5. Lalu kita akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk mengisi data yang diperlukan untuk check in. Kalau sudah lengkap, klik continue booking. Jika ingin lebih mudah mendingan log in atau register dulu di Traveloka. Dengan log in data yang pernah terisi akan disimpan, sehingga lain kali akan melakukan pemesanan yang sama sudah ga perlu repot isi data.

Begitu mudahnya memesan hotel dari Traveloka seperti menjentikan jari. Apalagi sekarang calon tamu makin dimudahkan dengan fitur "Pay At Hotel" alias bayar saat tiba di hotel. Meski buat saya metode pembayaran yang diterapkan Traveloka sudah sangat mudah karena bisa dibayar dengan metode transfer dan internet banking. Dan 1 lagi enaknya pake Traveloka adalah tidak ada biaya tersembunyi alias harga yang ditampilkan di website sudah termasuk pajak dan biaya lainnya.

Selain Wahid Hotel, ada beberapa hotel lain di sekitar Candi Borobudur yaitu Ardian Hotel, Senthong Asri, Hotel Sarasvati, Shankara Borobudur, dan beberapa homestay bertarif sangat bersahabat yang bisa jadi rujukan para backpacker atau traveler berbudget ekonomis.

Semoga post ini bermanfaat dan selamat traveling!

4 Responses to "Magelang dan Hotel di Dekat Candi Borobudur"

  1. Kupat tahu versi manapun juga selalu enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba kayaknya di magelang enak semua deh kupat tahunya karena tahunya spesial

      Delete
  2. Kayaknya enak Kupat Tahunya, jadi pengen nyobain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran unik dan enak, pedesnya juga bisa request

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel